Rabu, 23 Agustus 2017


1.jelaskan persiapan yang perlu dilakuakan dalam menerima telepon ?
  -  Angkat dan jawab panggilan yang masuk sebelum dering ke tiga.
  - Saat menerima telepon, usahakan selalu dengan suara yang hangat dan penuh antusia.
  - Ketika menjawab telepon, sambut penelepon dengan sopan dan ramah
  - Ucapkan setiap kata dengan jelas.
  - Atur bahasa yang di gunakan dengan baik.
  - Usahakan agar suara dan kosa kata selalu positif.
  -  Tuliskan pesan dari penelepon dengan lengkap. Jika ada sesuatu yang kurang  paham atau ejaannya kurang dimengerti seperti nama, alamat mintalah dengan sopan untuk mengulang kembali
- Selalu tanyakan pada penelepon, apakah tidak keberatan untuk menunggu sebentar saat kita menyambungkan dengan orang yang dituju, dan jangan melupakan orang yang menunggu di saluran tersebut.
- Pastikan panggilan telepon bisnis kita dijawab dalam setiap deringan dan dijawab dengan cara yang profesional.

2.jelaskan hal-hal yang perlu diperhatiakan ketika menerima telepon?
   1).caring > memeperhatikan,mendengar dan mencatat masalh penelepon/konsumen
   2).commited > tidak melempar masalh kepada orang lain /harus merasa terkait dengan             organisasi
   3).confident > penuh keyakinan dalam menghadapi masalah/tidak beloh bersikap rendah           diri
   4).considerate > bersahabat,menolong dan mengerti emosi penelopon
   5).controlled > tidak terbawah emosi pada saat menelepon/tetep bersikap selalu                         membantu dalam mengatasi masalah
   6).creative > mempu menemukan cara yang efektif dalam bekerja
   7).contaglous > menebar kegembiraan dan antusias pada penelepon

3.berikan contoh sapaan pembuka ketika ada telepon masuk dan pada saat melakuakan          panggilan telepon ?
 *saat telepon masuk `selamat pagi dari PT. Cinta sejahatera disini`
*saat melakukan panggilan `Selamat siang saya jono dari PT. galau fans` dapat berbicara dengan bapak joni? `

4.jelaskan persiapan yang perlu dilakukan dalam hal menelepon?
   a).siapakan nomor yang akan dituju
   b).siapkann peralatan seperti kertas dan ballpoint
   c).catatlah hal penting yang akan disampaikan

5.bagaimana tata cara menelepon jika ingin menyambungkan untuk pimpinan?
   1).tekan nomor yang dituju
   2).bila terdengar sudah diangakat ucapkan salam
   3).pastikan nomor yang dituju tepat
   4).menyampaikan identitas diri
   5).memastikan orang yang dituju adalah pimpinan

6.sebutkan 2 kesalahpahaman dalam bertelepon dan bagaimana menghindari                            kesalahpahaman tersebut ?
-Pahami tentang komunikasi
- Pahami dan rangkul perbedaan
- aktif mendengarkan
- perbaiki cara bebicara

7.sebutkan 5 etika yang harus dilakukan dalam berkomunikasi melalui telepon?
   1.Berbicara dengan suara yang jelas, dalam arti suara tidak kecil maupun tidak terlalu kencang.
   2.Tidak berbicara terlalu cepat maupun terlalu lambat.
   3.Saat berbicara dengan lawan bicara maupun saat mendengarkan lawan bicara, mata kita harus saling melihat, sehingga tidak terkesan malu ataupun tidak mendengarkan lawan bicara.
   4.Berbicara seperlunya, tidak panjang lebar tanpa arti yang jelas ataupun berputar-putar (berbelit-belit)
   5.Memberikan kesempatan kepada lawan bicara untuk berbicara, sehingga tidak terkesan mendominasi berbicara.
   6.Jangan menyela atau memutus pembicaraan lawan bicara apabila lawan bicara kita belum selesai berbicara, karena itu akan membuat lawan bicara kita tiak senang dan tidak dihargai.
   7.Dalam berkomunikasi diharapkan menjaga emosi kita, yaitu jangan sampai terbawa emosi sehingga marah-marah kepada lawan bicara.

8.sebutkan 5 kesatuan dalam bertelepon ?
   - Mengucapkan salam dan memperkenalkan diri terlebih dahulu.
   - Menggunakan bahasa yang formal, baik,dan sopan.
   - Tidakberbicara dengan orang lain selagi menelepon.
   - Tidak berbicara sambil makan sesuatu atau mengunyah  permen.
   - Berbicara tidak terlalu banyak basa basi.

9.sebutkan tata cara dalam mencatat pasan
   1.siapkan kertas dan pulpen
   2.ulangi isi /grafis agar terhidar dari kesalah pahaman
   3.pesan dapat berupa bagan agar lebih praktis.

10.bagaimana cara mengakhiri pembicaraan saat menelepon dan saat menerima telepon?         Dan berikan contohnya?
- mengakhiri pembicaraan telepon
  mengucapkan salam dan terimakasih `Terimakasih atas perhatiannya,Selamat Siang`
- mengakhiri pembicaraan telepon yang masuk
  mengucapkan salam kembali dan ucapan terimakasih "Terimakasih kembali,Selamat Pagi juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar